Thursday, October 24, 2013

Review Oppo N1

Jujur saja. Ketika anda mendengar merk smartphone yang berasal dari China, yang langsung terbayang dalam pikiran anda adalah produk HP berharga murah, kualitas pabrikasi yang rendah, sehingga sekali jatuh langsung rusak...

Tapi Oppo akan langsung menghapus image buruk tersebut dari benak anda.


Oppo terhitung pemain baru dalam dunia smartphone. Tapi produk yang mereka keluarkan bukan kelas sembarangan. Keluaran semacam Oppo Find 5 cukup menggemparkan gadget mania di dunia. Selain memang fiturnya yang menawan, kualitas produknya juga oke punya. Video berikut sudah cukup menjelaskan mengapa.


Dan kini, mereka meluncurkan produk terbarunya: Oppo N1



Tentang N1


Fitur Oppo N1 sendiri cukup impresif: layar 5.9 inch dengan tampilan HD 1080p. Prosesor Snapdragon 1.7 GHz quad-core. Baterai 3610 mAh. Kamera 13 Mpx. Panel sentuh belakang. Serta desain yang seksi.

Tapi bintang utama smartphone ini adalah kameranya. N1 memiliki kamera putar pertama di dunia. Lihat gambar di atas. Kamera yang menghadap ke depan tersebut dapat diputar hingga 206 derajat ke belakang.


Kualitas gambar yang diambil juga cukup prima. Oppo N1 dilengkapi dengan Pure Image, yang memiliki 6 buah lensa fisik, dengan tipe 1/3.06 imaging module dan aperture lebar f2.0. Software pemrosesan gambarnya sendiri didesain khusus, agar hasil jepretan yang dihasilkan benar-benar... wow. lampu flash yang digunakan sendiri berjenis khusus, yang dapat membedakan antara jepretan muka (front shot) dengan jepretan belakang (rear shot). Tambahan lagi, Oppo menyediakan semacam remote control untuk mengendalikan kamera dari jarak jauh (O-Click control). Tidak heran jika Oppo berani sesumbar bahwa N1 telah mengaburkan batas antara smartphone dengan kamera DSLR.

Ok, anda masih bertanya: trus kenapa kalau kameranya bisa diputar?
Iklan Oppo N1 berikut sedikit memberikan ide kepada anda bagaimana cara memanfaatkan kamera Oppo N1 sebaik mungkin. Iklan yang, sejujurnya, sangat sangat menyentuh.


Inovasi lain adalah O-touch panel. Oppo N1 sangat lebar. Dan besar. Pada smartphone lain, akan sangat merepotkan untuk mengaktifkan layar, karena harus memegang dengan dua tangan. Dengan O-touch panel, kita dapat meng-unlock layar, melakukan scroll, mengendalikan kamera, cukup dengan mengusap panel di bagian belakang Oppo N1 tersebut.

Bagi pecinta Android yang gemar melakukan modifikasi Android mereka, Oppo N1 menghadirkan sebuah kejutan. Untuk pertama kalinya, produsen smartphone bekerja sama dengan CyanogenMod, untuk membuat ROM Android custom resmi. Anda tidak perlu lagi repot-repot melakukan root untuk mengganti ROM Android anda dengan CyanogenMod. Hal itu sudah dilakukan sejak dari pabrik.

Dengan fitur hardware dan sederet inovasi baru tersebut, Oppo N1 dibanderol dengan harga $570 di China. Masuk ke Indonesia, harga Oppo N1 diperkirakan berkisar di angka Rp. 6.999.000 dan dijadwalkan rilis pada bulan Desember 2013.

Bila menyimak komentar-komentar di berbagai forum review smartphone, rata-rata mereka sangat antusias dengan produk Oppo. Banyak orang menganggap bahwa Oppo telah memberikan sentuhan baru di tengah pasar smartphone yang cenderung semakin monoton dan Apple-oriented.

Bukan tidak mungkin, di masa mendatang, posisi Samsung sebagai produsen #1 smartphone Android akan tergeser oleh Oppo. Kita tidak akan pernah tahu. Sebagaimana kita dulu tidak akan pernah menyangka bahwa Nokia dapat tumbang oleh Apple dan pabrikan berbasis Android.

No comments:

Post a Comment